halaman kepepet@buntarnazario

Pengertian GNU

gnu@buntarnazario.wordpress.com

gnu@buntarnazario.wordpress.com

GNU/Linux adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds seorang mahasiswa Universitas Helsinki Finlandia di tahun 1991.Proyek GNU ini diluncurkan pada tahun 1984 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi lengkap mirip UNIX berbasis perangkat lunak bebas: yaitu sistem GNU (GNU merupakan akronim berulang dari “GNU’s Not Unix”; GNU dilafalkan dengan “genyu”). Varian dari sistem operasi GNU, yang menggunakan kernel Linux, dewasa ini telah digunakan secara meluas. Walau pun sistem ini sering dirujuk sebagai “Linux”, sebetulnya lebih tepat jika disebut sistem GNU/Linux. Ada salah satu fitur atau kemampuan yang sangat menarik dari GNU/Linux yang belum ada pada sistem operasi populer lainnya, yaitu menjalankan sistem operasi dan aplikasi lengkap tanpa menginstalnya di hard disk. Dengan cara ini dengan mudah kita dapat menggunakan GNU/Linux di komputer orang lain karena tak perlu menginstalnya (tak perlu mengutak-atik hard disk dan partisinya). Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU.

 

 

debian lenny

Sebagai hadiah hari Valentine dari pengembang terhadap pecinta Debian, akhirnya ‘Lenny’ yang telah lama dinantikan, secara resmi sebagai Debian 5.0 diluncurkan untuk publik. Ia dihadirkan mengemas serangkaian fitur baru, hampir dua tahun setelah generasi 4 ‘etch’ diluncurkan.

 

 

EXIM

Exim adalah pesan transfer agent (MTA) yang dikembangkan di University of Cambridge untuk digunakan pada sistem Unix yang terhubung ke Internet. Hal ini secara bebas tersedia sesuai dengan ketentuan GNU General Public License. Dalam gaya itu mirip dengan Smail 3, tapi fasilitas lebih umum. Ada banyak fleksibilitas dalam cara mail dapat dialihkan, dan ada fasilitas yang sangat lengkap untuk memeriksa surat masuk. Exim dapat diinstal di tempat Sendmail, meskipun konfigurasi Exim sangat berbeda.

Semua versi Exim sebelumnya untuk versi 4.x sekarang usang dan semua orang sangat sangat dianjurkan untuk meng-upgrade ke rilis saat ini. 3.x rilis terakhir adalah 3,36. Hal ini usang dan tidak boleh digunakan.

Versi saat ini adalah 4,72

Mungkin ada versi beta tersedia dari situs ftp di direktori Pengujian. Banyak orang yang menggunakan ini tanpa masalah, tetapi mereka tidak dianjurkan kecuali Anda bersedia untuk bekerja dengan software beta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: